Select Language
Simple Search

Advanced Search
Title :
Author(s) :
  • SEARCHING...

Subject(s) :
  • SEARCHING...

ISBN/ISSN :
GMD : Collection Type : Location :
Title KLIPING BERITA: Kematian Ibu dan Bayi di Luwu Masih Tinggi
Edition Minggu, 29 Juni 2014 15:49 WITA
Call Number
ISBN/ISSN
Author(s) Nirmala Ikranuddin
Subject(s) AKI
Classification
Series Title
GMD Buku Tercetak
Language Indonesia
Publisher tribun-Timur.Com
Publishing Year 2014
Publishing Place Makassar
Collation
Abstract/Notes

http://makassar.tribunnews.com/2014/06/29/kematian-ibu-dan-bayi-di-luwu-masih-tinggi

TRIBUN-TIMUR.COM - Salah satu persoalan yang dihadapi Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu adalah masi tingginya angka kematian ibu terutama saat melahirkan dan angka kematian bayi. Ada dua daerah yang memiliki peringkat rendah dalam menekan angka kematian ibu dan bayi yakni selain Luwu juga Jeneponto. Untuk itu, pihak Dinas Kesehatan kini berjuang untuk keluar dari status tersebut.

Ketika membuka rapat akreditasi Puskesmas di Kabupaten Luwu, di akhir Juni 2014, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu, Suyuti Asbudi mengemukakan, degan kerja keras, pihaknya yakin akan keluar dari masalah ini dan mewujdukan puskesmas-puskesmas di daeranya yang terakreditasi.

''Kita harus berjuang keras untuk keluar dari pencitraan bahwa daerah ini masih tinggi kasus angka kematian ibu dan angka kematian bayi (AKI-AKB). Kita bersyukur saat ini ada Kinerja USAID yang melakukan pendampingan untuk keluar dari masalah ini," ungkap Suyuti Asbudi.

Suyuti mengatakan, upaa untuk pengakreditasian seluruh puskesmas merupakan langkah mendorong perbaikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Dengan terkreditasi, nantinya puskesmas di Luwu mengelola keuangan puskesmas seperti pengelolaan badan umum.

"Pesyaratannya akreditasi di antaranya puseksmas harus mampu meraih sertifikat ISO 9001, sebab hanya dengan meraih akreditasi, Puskesmas dapat dijadikan badan layanan umum," papar Suyuti.
Specific Detail Info
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous